Kumpulan Website dengan Tool Fotografi Berguna

Mau share beberapa website yang menyajikan tool fotografi berguna.
Semoga bermanfaat.

1. DOF Calculator
Berguna untuk mengetahui depth of field, hyperfocal distance dan circle of confusion dari kombinasi kamera dan lensa. Info hyperfocal distance terutama sangat berguna bagi landscape shooter.
2. SLR camera simulator
Bagi pemula, atau yang ingin mencoba merasakan bagaimana fitur DSLR, website ini bisa sangat berguna. Karena kita bisa menentukan setting aperture, shutter speed, dan ISO. Ga cuma itu, focal length dan jarak juga bisa diatur, jadi kita bisa mengira-ngira gimana pengaruh lensa terhadap field of view. Sangat menarik!
3. Virtual lighting studio
Yang lagi belajar jadi strobis, wajib nyoba! Website ini untuk mensimulasi posisi, kekuatan dan berbagai setting lain dari strobo.
4. Myshuttercount
Kalau mau ngecek shutter count, silakan buka website ini. Saat ini yang disupport baru kamera Nikon dan Pentax. Ga perlu download apapun, tinggal upload aja fotonya.
5. EXIF viewer
Kalau mau ngecek EXIF dari foto yang ada di internet, atau yang ada di harddisk, bisa pakai tool ini.
6. Cameraimagesensor
Ukuran sensor kamera sangat berpengaruh dengan kualitas foto. Pada dasarnya sih, semakin gede ukuran sensornya, semakin bagus kualitas fotonya.
Nah, saat ini udah ada berbagai macam format sensor. Sensor untuk kamera saku sendiri ada lebih dari satu. Selain itu ada APS-C, APS-H, full frame, medium format, dll. Dengan website ini, kita bisa membandingkan secara langsung ukuran dari masing-masing kamera.
7. Flickr EXIF statistic
Terkadang kita ingin tau, focal length apa sih yang paling sering kita gunakan. Misalnya, kalo baru beli kamera DSLR dengan lens kit 18-55mm, terus ingin tau selanjutnya butuh lensa seperti apa. Kalau kebanyakan ada di range 18mm, berarti kita butuh lensa wide. Sebaliknya kalo kebanyakan mentok di 55mm, berarti butuh lensa tele.
Data statistik ini bisa diketahui dengan website ini. Tapi, syaratnya foto2 kita tadi ada di flickr.

Sekian daftar websitenya, semoga berguna.

No comments:

Post a Comment