NIRMANA

Menjawab pertanyaan rekan ANAS RAHMADI :

Dari segi etimologisnya Nirmana terdiri dari Nir yang berarti tidak dan Mana yang berarti bentuk, secara kurang lebihnya dapat berarti tidak berbentuk. Sampai disini saya waktu itu masih bingung Nirmana = Tidak berbentuk

PHOTOGRAPHY, sebagaimana seluruh disiplin ilmu yang mengandung 'GRAPH', mengandung elemen-elemen visual seperti titik, garis, kontras, dan lain sebagainya.

Nirmana yang menurut saya, fungsinya adalah untuk melatih kejelian merangkai elemen-elemen visual menjadi sebuah karya visual. Menurut saya memang sangat mendasar bagi anda yang ingin mempelajari secara lebih dalam tentang keindahan visual dan elemen-elemennya.

Jadi apakah nirmana itu memang berguna dalam Photography, itu tergantung tujuan anda, kalo memang anda menginginkan karya dengan kandungan elemen visual yang 'dalam', saya sarankan untuk mempelajarinya.

Nirmana itu adalah hak setiap orang yang ingin mempelajarinya. Dan bukan hak milik seni rupa ataupun fotografi. Karena, nirmana ya nirmana. Bukan seni rupa ataupun fotografi.

Semoga bermanfaat.

-Sekian-
by Niko Martha Wiyana

No comments:

Post a Comment